Jumat, 29 April 2011

PROPOSAL PENYELENGGARAAN PAMERAN FOTO DAN SENJATA PPS WASPADA 2011

PROPOSAL
PENYELENGGARAAN PAMERAN FOTO DAN SENJATA
PPS WASPADA 2011

PENDAHULUAN
PPS WASPADA sebagai wadah pelestarian dan pengembangan salah satu budaya bangsa Indonesia, khususnya Pencak Silat, telah cukup lama berkiprah di bumi Nusantara ini. Bahkan telah merambah ke mancanegara. Dan tentunya tidak sedikit pasang surut peristiwa yang terjadi yang mengiringi sejarah perjalanannya.
Sejarah perjalanan Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong WASPADA akan dicoba ditampilkan dalam sebuah pameran foto. Foto – foto kegiatan, tokoh – tokoh yang mewarnai perjalanan WASPADA, beberapa peristiwa bersejarah yang sempat terekam kamera akan digelar. Sehingga seluruh generasi WASPADA dan masyarakat umum dapat melihat perjalanan Perguruan ini. Diharapkan generasi sekarang dapat mengetahui apa yang telah terjadi sebelumnya sehingga dapat memetik manfaat serta pelajaran guna langkah kedepan.
Hal yang lain adalah bahwa selama ini PPS WASPADA dikenal sebagai beladiri tangan kosong. Namun demikian pengenalan senjata adalah sebuah materi wajib yang diberikan mulai tingkat tertentu. Pengenalan senjata diperlukan sebagai cara untuk mengenal cara mematikan serangan senjata tersebut.
Dari pengenalan senjata – senjata tersebut Guru Besar WASPADA, Mas Poer, akhirnya mendapatkan ide untuk membuat senjata khas WASPADA. Bertahun – tahun beliau merancang, membuat, dan menguji coba senjata – senjata tersebut. Hingga akhirnya beberapa senjata telah beliau ciptakan. Senjata yang sesuai dengan filosofi tata gerak WASPADA. Dan dalam pameran ini akan ditampilkan senjata – senjata rancangan beliau serta senjata – senjata lain yang biasa digunakan dalam pencak silat.
Pameran foto sejarah perjalanan PPS WASPADA serta senjata yang direncanakan untuk diselengggarakan pada 18 – 20 Agutus 2011 nanti, bersamaan dengan acara Tradisi 2011 diantaranya adalah untuk menggugah kembali semangat perintisan yang telah ada.
Semoga Tuhan yang Maha Kuasa selalu memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua.

MAKSUD DAN TUJUAN
1. Menumbuhkembangkan rasa memiliki Perguruan sehingga melahirkan penerus-penerus Perguruan yang bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi, serta mau dan mampu melaksanakan TRI PRASETYA WASPADA.
2. Untuk pembelajaran bagi generasi sekarang untuk tidak melupakan sejarah perguruan.
3. Agar anggota menyadari betapa pentingnya arti dokumentasi bagi Perguruan.

WAKTU & TEMPAT
Waktu : 18 – 20 Agustus 2011
Tempat : Padepokan WASPADA Parang Kusumo dan sekitarnya

DESKRIPSI KEGIATAN
1. Foto yang dipamerkan adalah dokumentasi kegiatan perguruan.
2. Foto-foto perintis Perguruan, para Ketua Umum PPS WASPADA, Dewan Guru, akan dicetak dan pigura tersendiri , ukuran 16 R ( 17 unit).
3. Tiap cabang, maupun perseorangan yang memiliki dolkumentasi kegiatan perguruan diharapkan sumbangsihnya dengan mengirimkan soft copy foto ke Panitia untuk di lakukan kolektif selektif terhadap foto - foto tersebut
4. Soft copy foto ( foto dalam format jpg, BMP ) dapat dikirimkan melalui email : info@silatwaspada.org
5. Foto – foto akan akan dipamerkan dalam format cetak dan slide.

RENCANA ANGGARAN
c. Pengeluaran
• Administrasi : Rp. 5.000.000,00
• Dokumentasi : Rp. 3.000.000,00
• Publikasi :Rp. 1.400.000,00
• Dekorasi : Rp. 1.600.000,00
• Perlengkapan : Rp. 2.000.000,00
• Lain – lain : Rp. 1.000.000,00
d. Sumber Dana
• Dana Bantuan : Rp. 3.000.000,00
• Iuran Anggota : Rp. 5.000.000,00
• Donatur : Rp. 1.000.000,00
• Lain – Lain : Rp. 4.000.000,00


PENUTUP
Demikian proposal pelaksanaan Pameran foto dan senjata 2011 ini. Kami mengharapkan kerjasama dengan semua pihak yang terkait. Atas dukungan yang diberikan untuk terselenggaranya kegiatan Pameran Foto dan Senjata 2010 PPS WASPADA dengan sukses kami ucapkan terimakasih.


Kediri, 5 Mei 2011
Guru Besar Sekretaris



Poerwadi S. Sujadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar